A. PENGERTIAN OTOMATISASI PERKANTORAN
Otomatisasi perkantoran adalah semua sistem informasi
formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada
dan dari orang yang berada di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain
otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi
tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan.
Asal mula otomatisasi perkantoran di
awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word-processing untuk menjelaskan
kegiatan divisi mesin ketik listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964 ketika IBM
memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu
mesin ketik yang dapat mengetik
kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Otomatisasi kantor terdiri atas semua
sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi
informasi kepada dan dari orang yang berada di dalam maupun di luar perusahaan.
Orang yang berada dalam satu kantor dapat menggunakan otomatisasi kantor untuk
berkomunikasi dengan orang yang berada dalam kantor perusahaan lain.
Otomatisasi perkantoran biasanya dikenal dengan istilah Office Automation
atau OA.
B. KATEGORI PEMAKAI OTOMATISASI PERKANTORAN
Yang termasuk dalam empat kategori pemakai otomatisasi
kantor, antara lain:
1. Manajer,
adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama
sumber daya manusia.
2. Profesional,
yakni tidak mengelola orang tetapi menyumbang keahlian khususnya (mis. Pembeli,
wiraniaga, dan asisten staff khusus). Manajer dan profesional secra bersama
dikenal sebagai pekerja terdidik.
3. Sekretaris, biasanya
ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas
menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4. Clerical
Employee (pegawai administratif) melaksanakan tugas untuk-tugas untuk
sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun dokumen dan
mengirimkan surat.
C. KONSEP-KONSEP OTOMATISASI PERKANTORAN
Beberapa konsep otomatisasi kantor, antara lain :
1. Proses yang terjadi di perkantoran seperti halnya proses
manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi.
2. Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang
terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu (IOAS –
Integrated Office Automation System)
3. Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman
informasi.
4. Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode
komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
D. MANFAAT OTOMATISASI PERKANTORAN
Otomatisasi perkantoran merupakan kaitan berbagai
komponen dalam menangani informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan
memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur tangan manusia secara
minimal. Dengan demikian akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah
digunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada akhirnya dapat meletakkan landasan
yang kuat untuk integrasi informasi sehingga perusahaan mampu berkompetisi
lebih baik.
E. TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi
adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat
lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh
dapat dibedakan atas tiga macam:
1. Komunikasi
Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima
informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media
yang sama. Contoh : Pager, televisi , dan
radio
.
2. Komunikasi
Dua Arah ( Duplex ). Dalam komunikasi dua arah ( Duplex ) pengirim dan penerima
informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang
sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
3. Komunikasi
Semi Dua Arah ( Half Duplex ). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex
)pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap
berkesinambungan. Contoh : Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
Komponen
Dasar Komunikasi
Untuk
bisa melakukan telekomunikasi, ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu :
1. Informasi:
merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan
2. Pengirim:
mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim
3. Media
transmisi: alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena
dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi (di modulasi) dengan
gelombang radio, kemudian diubah menjadi gelombang
4. elektromagnetik
dan dipancarkan dengan alat bernama Antena, agar dapat terkirim jarak jauh.
5. Penerima:
menerima sinyal elektromagnetik kemudian digubah menjadi sinyal listrik, sinyal
diubah kedalam informasi asli sesuai dari pengirim, selanjutnya diproses hingga
bisa dipahami oleh manusia sesuai dengan yang dikirimkan.
F. PERSONAL COMPUTER (PC) / KOMPUTER PRIBADI
Personal Computer adalah seperangkat komputer yang
digunakan oleh satu orang saja (pribadi), biasanya digunakan di rumah, kantor, toko
bahkan dimana saja karena saat ini sudah tersedia PC dengan berbagai jenis dan
harga yang terjangkau. Fungsi utama PC adalah untuk mengolah data input
dan menghasilkan data output (berupa data/iformasi) sesuai keinginan user
(pengguna).
Dalam pengolahan data yang dimulai dari memasukkan data
(input) sampai akhirnya menghasilkan informasi, computer memerlukan suatu
sistem yang tidak bisa terpisahkan. Sistem tersebut teridiri dari tiga
komponen, yaitu.
1. Hardware
(Perangkat Keras), merupakan sekumpulan komponen komputer yang
secara fisik dapat dilihat. Hardware dibagi menjadi lima bagian, antara lain:
a. Input Device
(Peralatan Masukan), seperti keyboard dan mouse.
b. Processing
Device (Peralatan Pemrosesan), seperti processor, motherboard, ram, dll.
c. Output Device
(Peralatan Keluaran), seperti monitor, speaker, dan printer.
d. Storage Device
(Peralatan Penyimpanan), seperti harddisk, flashdisk dsb.
e. Peripheral
Device (Peralatan Tambahan), seperti Webcam, modem, dll.
2. Software
(Perangkat Lunak), adalah program
yang berisi instruksi atau perintah sebagai perantara yang menghubungkan
hardware dan brainware sehingga dapat menghasilkan informasi yang diinginkan
pengguna. Software dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu:
a. Operating System (OS), contohnya adalah Windows,
Linux, DOS, Android, dll.
b. Application System, contohnya adalah Microsoft Office,
Open Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, dsb.
3. Brainware, adalah perangkat (dalam hal ini manusia) yang
mengoperasikan dan menjalankan perangkat lunak yang berada di dalam komputer
serta merasakan manfaat dari pengoperasian tersebut.
Perkembangan PC di dunia sangatlah pesat, apalagi
didukung dengan tingkat kebutuhan manusia yang semakin lama semakin kompleks. Hingga
saat ini, komputer pribadi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:
1. Komputer Desktop / Komputer Meja
Komputer meja
adalah komputer pribadi yang ditujukan utnuk penggunaan secara umum di satu
lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portable. Periferal-periferal
computer meja seperti monitor, CPU, dan papan ketik terpisah satu sama lain dan
relatif berukuran besar.
2. Komputer Jinjing
(Laptop)
Laptop adalah
computer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya bekisar dari 1-6 kg, tergantung
pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal
dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai
dan dapat menyalakan laptop itu sendiri. Laptop terkadang disebut djuga dengan
“komputer notebook” atau “notebook” saja. Sebagai computer pribadi, laptop
memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop pada umumnya. Komponen yang
terdapat di dalamnya sama persis dengan komputer desktop hanya saja ukurannya
diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas dan lebih hemat daya.
Jenis-Jenis laptop antara lain:
a. Netbook, merujuk
pada spesies computer jinjing yang memiliki spesifikasi tertentu. Netbook
biasanya menggunakan prosesor Intel Atom. Jenis computer ini berukuran kecil,
biasanya dengan layar dibawah 12 inci dan berat kurang lebih 1 kg.
b. Mainstream,
laptop ini memiliki ciri yaitu prosesor yang digunakan, misalnya Intel Core i5,
i3, dan Core 2 Duo, memori minimal 2GB, memiliki Drive untuk membaca dan
menulis DVD, keyboard berukuran penuh atau setidaknya 80% dari lebarnya
sendiri.
c. Tablet PC, perangkat ini memiliki layar
sentuh sehingga mudah diputar, dan mudah dibawa kemana saja. Mulai 2010,
perangkat ini menjadi tren baru. Tren ini dikomandani oleh Apple Inc., yang
menghadirkan iPad ke pasaran. Namun, ada perbedaan antara tablet PC dan iPad,
yaitu:
- Tablet PC
menggunakan stylus sedangkan iPad menggunakan jari-jemari.
- Tablet PC
dimaksudkan sebagai komputer
yang berbeda sedangkan iPad dimaksudkan sebagai gadget.
3. PDA (Personal
Digital Assistant)
Sebuah alat
elektronik pribadi yang berbasis computer dan berbentuk kecil serta dapat
dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada
awalnya, tapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi dan kegunaannya,
seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan computer, pengakses
internet, penerima dan pengirim surat elektronik, penerima radio, perekam
video, dan pencatat memo. Selain itu dengan PDA (computer saku) ini, kita dapat
menggnakan buku alamat, membaca e-book dan menggunakan GPS. Bahkan versi PDA
yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet,
intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau jaringan wireless.
4. Wearable Computer
Teknologi
computer yang bisa dipakai layaknya pakaian dan atau menempel di tubuh
pemakainya. Contohnya adalah Smart Watch (Jam tangan pintar), Nike +
Ipod, Smart Glasses, dan Smart Controller.
G. MACAM-MACAM APLIKASI OTOMATISASI PERKANTORAN
1. Word Processing
Word processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronik yang secara
otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik
atau cetak. Word processing memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah dengan memberikan
kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif
untuk diberikan kepada anggota lain. Contoh aplikasi word processing
adalah OpenOffice.org Writer yang merupakan komponen OpenOffice.org yang
berfungsi untuk membuat dan mengedit dokumen, adapun format dokumen yang bisa
digunakan adalah .doc, .odt, .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete,
AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking,
Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations,
Tables, dsb. Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo
cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman
serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah
pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah
(diatur terintegrasi melalui satu toolbar).
2. Electronic Mail (e-mail) / Surat
Elektronik (Surel)
Electronic mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan
komputer yang memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan
dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan. Ada dua cara
untuk mengakses surat elektronik, yaitu:
a. Menggunakan browse’, seperti Internet Explorer atau
Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya
menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh:
Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan
online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh
penyelenggara layanan e-mail gratis.
b. Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail
client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla
Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus
mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat
membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan
internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara
bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini
menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline.
Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
3. Voice Mail
Voice mail persis sama dengan electronic mail. Perbedaannya
bahwa hanya mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon
dan bukan mengetiknya. Dan menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah
dikirimkan. Contoh softwarenya adalah Voice Connector yang
merupakan aplikasi untuk
menunjang komunikasi dalam bentuk suara dan teks dalam jaringan lokal. Pengguna
dapat memilih penerima pesan dan berbicara dengannya dalam waktu yang sama
tanpa harus menginterupsi atau menutup aplikasi yang sedang dijalankan. Hal itu
dimungkinkan karena software buatan Aledentsoft ini menggunakan teknologi Quickswitch
dan Overlay Message. Keuntungan tersebut tentunya sangat mendukung
bagi bisnis internet café dan game center.
Fitur lain yang dimiliki
oleh Voice Connector adalah voice mail dimana pengguna dapat
menyimpan pembicaraan dan memutarnya lagi. Hal itu dapat membantu dalam hal
bisnis dan pendidikan.Selain itu, Voice 12
Connector juga dapat mengirimkan pesan teks.
Keduanya baik itu koneksi suara dan teks dapat digunakan secara P2P (phone
to phone atau peer to peer) mode dan juga broadcast mode (pengguna
dapat berbicara dengan banyak pengguna lainnya bersamaan).
4. Electronic Calendaring
Electronic calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan
menjadi
pengingat (alarm) acara yang telah
ditetapkan oleh manajer. Electronic calendaring bersifat khusus diantara
aplikasi otomatisasi kantor, karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi
bukan mengkomunikasikan informasi.
5. Audio Conferencing
Audio conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk
membuat hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis
untuk tujuan melakukan konferensi. Audio conferencing adalah aplikasi otomatisasi
kantor pertama yang tidak memerlukan
komputer. Ia hanya memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah.
Contoh softwarenya adalah FireWire yang
merupakan merek dagang Apple.Inc.
6. Video Conferencing
Video conferencing melengkapi signal audio dan signal video. Peralatan
televisi digunakan untuk mengirim dan menerima signal audio dan video. Orang
yang berada dalam suatu lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang
berada di lokasi lain selagi konferensi dilakukan. Tiga konfigurasi video
conferencing (tergantung pada peralatan yang digunakan), yaitu :
a. Video satu arah dan audio satu arah
b. Video satu arah dan audio dua arah
c. Video dan audio dua arah
Pengaplikasiannya melaui Webcam, yang
merupakan singkatan dari web
camera-- adalah
sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang
gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant
messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk
pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web terkadang diganti
dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera,
misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan
7. Computer Conferencing
Computer conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga memberi
kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses
terjadinya konferensi. Aplikasi ini hampir sama dengan electronic mail,
karena kedua aplikasi ini menggunakan hardware dan software yang
sama. Istilah ‘teleconferencing’ digunakan untuk menjelaskan ketiga
bentuk alat elektronik untuk konferensi. Teleconferencing digunakan
dalam seluruh proses pemecahan masalah yang gunanya untuk menukar informasi
diantara pemecah masalah (orang-orang yang memecahkan masalah) yang berada di
kota yang berlainan. Contoh aplikasi sama seperti Audio Conferencing.
8. Facsimile Transmission
Facsimile transmission yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan
peralatan khusus yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi
dan membuat salinan atau copy di ujung yang lain. Proses kerja mesin
faks diawali dengan keharusan bahwa penerima dan pengirim harus memiliki mesin
faks. Pengirim akan memasukkan dokumen yang hendak dikirim ke bagian feeder mesin
faks dan selanjutnya menekan nomor telepon mesin faks yang dituju. Ketika
koneksi telah terjadi dengan mesin faks tujuan, maka mesin faks akan melakukan scanning
dengan membaca area yang sangat kecil pada dokumen tersebut. Mesin faks
tersebut akan mengubahnya menjadi suatu sinyal listrik untuk kemudian
menerjemahkan daerah yang dibaca sebagai daerah gelap atau terang dengan
menandainya “0” untuk gelap dan “1” untuk terang. Sinyal listrik tersebut lalu
ditransmisikan melewati saluran telepon dan menuju mesin penerima faks. Mesin
penerima tersebut kemudian menangkap dan mengartikan sinyal listrik untuk
membuat suatu dokumen yang persis sama dengan aslinya dan kemudian mencetaknya.
9. Videotext
Videotext adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan
tampilan materi tekstual pada layar crt. Materi tekstual dapat berbentuk
naratif atau tabulasi, dan ia disimpan dalam penyimpanan sekunder pada
komputer.
10. Image Storage and Retrieval
Beberapa jenis
perusahaan mempunyai volume dokumen yang besar, sehingga mereka harus
menyimpannya dalam file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali
jika diperlukan. Untuk mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan
tampilan maka digunakan microform, yang berupa microfilm dan microfiche.
Microform akan mengurangi kebutuhan ruang yang diperlukan oleh
dokumen kertas sampai sekitar 97%. Image storage and retrieval digunakan
dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali dokumen
historis untuk tujuan pemahaman masalah. Contohnya
adalah situs penyedia seperti photobucket.
11. Desktop Publishing
Desktop publishing atau DTP adalah pembuatan output tercetak yang
kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter. Sistem desktop
publishing terdiri atas mikrokomputer dengan layar CRT yang beresolusi
tinggi, printer laser, software desktop publishing. Penggunaan desktop
publishing sebagai alat pemecahan masalah meliputi aplikasi administrasi
dan teknis. Penampilan dokumen iklan yang profesional dan menarik akan
memberikan komunikasi yang efektif
REFERENSI :
Ardianysah, Deva. 2013. Pengertian dan Fungsi
Personal Computer (PC) Beserta Perkembangannya. pakdevakeren.blogspot.in/2013/08/pengertian-dan-fungsi-personal-computer.html?m=1.
Diakses 21 Maret 2015 (21.00)
Gudangropy. 2011. Otomatisasi Perkantoran.
gudangropy.blogspot.in/2011/06/otomatisasi-perkantoran.html?m=1. Diakses 21
Maret 2015 (21.00)
Putra, Candra Adi. 2013. Wearable Computer. www.candra.web.id/2013/02/28/wearable-computer/.Diakses 21 Maret (21.30)
Rahman, Saiful. 2013. Otomatisasi Kantor. http://saifulrahman.lecture.ub.ac.id/files/2013/04/Otomatisasi-Kantor.pdf.
Diakses 20 Maret 2015 (09.00)
Wikipedia Bahasa Indonesia. 2015. Komputer
jinjing. id.wikipedia.org/wiki/Komputer_jinjing.
Diakses 21 Maret (21.00)
Wikipedia Bahasa Indonesia. 2013. Komputer
meja. id.wikipedia.org/wiki/Komputer_desktop.
Diakses 21 Maret (21.00)
Wikipedia Bahasa Indonesia. 2015. Komputer
pribadi. id.wikipedia.org/wiki/Komputer_pribadi.
Diakses 21 Maret (21.00)
Wikipedia Bahasa Indonesia. 2013. Pembantu
digital pribadi. id.wikipedia.org/wiki/Pembantu_digital_pribadi. Diakses 21
Maret (21.00)
Wikipedia Bahasa Indonesia. 2015.
Tekelomunikasi. id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi. Diakses 21 Maret (21.00)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar